Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke Ringan Dan Berat

By | Desember 2, 2017

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke Ringan Dan Berat – Sembuh dengan cepat dari penyakit stroke ringan maupun stroke berat tentu menjadi hal yang di inginkan oleh penderitanya, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab angka kematian tertinggi di dunia dan umumnya lebih banyak di derita oleh orang lanjut usia.

Hal utama yang menyebabkan terjadinya stroke yakni tandai dengan terputusnya aliran darah dari jantung ke otak, akibatnya otak akan mengalami kematian sesaat karena semua sel-sel dalam otak berhenti berfungsi.

Selain itu otak juga akan mengalami kekurangan oksigen dan kadar gula sehingga bisa menyebabkan kematian, hal inilah yang membuat banyak orang terkena serangan stroke sehingga menimbulkan kehilangan daya ingat dan berbagai kemampuan fisik lain.

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke Ringan Dan Berat

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke Ringan Dan BeratUntuk menangani penyakit stroke bisa anda lakukan dengan berbagai caara, salahnya dengan mempertimbangakn asupan makanan yang sehat dan berikut ini ada beberapa makanan sehat untuk penderita stroke ringan dan berat diantaranya :

  • Roti Gandum

Roti gandum memiliki rasa yang enak sekali seperti jenis roti dari bahan tepung, roti gandum juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi penderita stroke.

Didalam roti gandum terdapat gizi terbaik yakni berupa : serat, protein, karbohidrat, vitamin E, asam folat dan omega-3.Kandungan omega-3 tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bisa meningkatkan regenerasi sel-sel pada otak.

  • Anggur

Buah anggur ini mengandung politenol dari senyawa resveratol, dimana senyawa tersebut menjadi salah satu sumber anti oksidan yang sangat penting untuk melindungi jantung dan pembuluh darah.

Sistem pembuluh darah yang berisi berbagai macam molekul akan dirawat oleh resveratol dengan cara mencegah kerusakan sistem pembuluh darah, mengurangi tekanan dari hormone sistemik yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

  • Terong

Terong mengandng serat yang cukup tinggi sekitar 14 gram.Namun terong tidak mengandung natrium sehingga aman dikonsumsi oleh penderita stroke, mampu mengatasi masalah tekanan darah tinggi dan sumbatan pada aliran darah.

  • Beras Merah

Salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk penderita stroke adalah beras merah, karena kandungan selenium yang terdapat pada beras merah bisa mencegah serangan stroke ulang.

Selain itu, beras merah juga mengandung mangan, serat dan anti oksidan, dimana mangan berfungsi untuk membantu proses sintesis lemak dalam tubuh dan mengaktifkan sistem saraf.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon untuk penderita stroke sangat dibutuhkan untuk mengendalikan kolesterol buruk dalam darah, karena jenis ikan yang satu ini memiliki kandungan omega-3, DHA dan EPA dimana ketiga kandungan tersebut mampu melindungi sistem pembuluh darah, proses sistesis lemak menjadi kolesterol dan mencegah pembekuan darah pada jantung.

  • Susu Rendah Lemak

Bagi penderita stroke sebaiknya tidak berhenti untuk minum susu, namun mengganti jenis susu menjadi susu rendah lemak.Susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang kecil dan bahkan sama sekali tidak mengandung lemak.

  • Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan sangat baik untuk penderita stroke seperti kacang almond, kacang pecan dan kacang kenari.Dimana ketiga jenis kacang tersebut mengandung kalsium, magnesium, kalium dan vitamin E yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah pada jantung dari timbunan plak.

Beberapa jenis makanan sehat untuk penderita stroke ringan dan berat tersebut bisa anda masukkan dalam menu diet harian anda, guna untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit stroke yang anda derita.

Selain mengetahui beberapa jenis makanan sehat untuk penderita stroke ringan dan berat, anda juga perlu mengetahui beberapa makanan yang harus dihindari penderita stroke yakni :

  • Makanan yang dibakar
  • Makanan yang digoreng
  • Makanan yang mengandung lemak jahat
  • Makanan yang mengandung mentega
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan stroke yang anda derita saat ini.

Baca Juga :

by post : Cara Mengobati Stroke Berat Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *