Makanan Sehat Untuk Penderita Dispepsia

By | Juni 11, 2018

Mengetahui beberapa jenis makanan sehat untuk penderita dispepsia sangatlah penting, guna untuk mencegah penyakit dispepsia yang anda derita tidak semakin parah serta bisa membantu proses pengobatan yang anda sedang dijalani agar berjalan maksimal.

Ingin tahu apa saja beberapa jenis makanan sehat untuk penderita dispepsia tersebut ? Maka silakan anda simak informasi lebih lengkapnya di dalam artikel ini !

Makanan Sehat Untuk Penderita Dispepsia

Makanan Sehat Untuk Penderita Dispepsia

Seperti yang telah anda ketahui bahwa dispepsia merupakan salah satu gangguan ataupun kelainan pada organ sistem pencernaan, khususnya pada organ lambung.Dimana di dalam proses pencernaan, organ lambung tersebut berguna untuk mencerna dan menyerap sari-sari makanan yang masuk melalui mulut dan kerongkongan.

Dimana pada saat organ lambung mengalami dispepsia, kadar asam lambung yang diekrsresikan melebihi batas yang mampu ditolerir oleh organ lambung itu sendiri. Lihat disini : Tanda Atau Gejala Dispepsia

Hal tersebut karena asam lambung adalah senyawa asam yang kuat, dimana kondisi ini bisa menyebabkan pengikisan ataupun iritasi pada dinding lambung yang akhirnya mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Bagi penderita dispepsia, sangatlah penting untuk memperhatikan asupan baik makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi untuk menghindari kambuhnya penyakit tersebut. Maka berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita dispepsia diantaranya :

#1 Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini mampu mengurangi peradangan-peradangan, termasuk yang disebabkan oleh iritasi dan pengikisan dinding lambung karena itulah cocok dikonsumsi oleh anda yang saat ini menderita dispepsia.

#2 Yoghurt

Minuman yoghurt juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita dispepsia, karena dengan adanya bakteri yang ada di dalam yoghurt tersebut maka proses pencernaan pun akan sangat menjadi lancar dan menghindari gangguan-gangguan seperti konstipasi atau sembelit.

#3 Buah-Buahan Yang Masam Dan Mengandung Gas

Dimana buah yang rasa masam dan mengandung gas seperti jeruk, lemon, durian dan lainnya perlu dihindari oleh penderita dispepsia karena buah-buahan tersebut bisa menimbulkan gerak reflux yang berlebihan bagi pencernaan.

#4 Bubur Ayam

Biasanya kombinasi menu nasi dan beberapa laut ataupun sayur yang terkadang tidak dianjurkan bagi penderita dispepsia, maka oleh karena itu bubur ayam pun sebagai pengganti nasi bisa dianjurkan bagi penderita dispepsia.

#5 Buah Anggur Dan Delima

Kandungan buah anggur dan delima yang kaya akan antibakteri dan antioksidan ini menjadikannya sangat cocok sebagai asupan bermanfaat bagi kesehatan organ lambung.

Baik itu dikonsumsi secara langsung ataupun dengan diolah menjadi olahan jus, dimana kedua buah ini sangat patut untuk direkomendasikan sebagai makanan yang baik untuk penderita dispepsia.

#6 Makanan Pedas (Balado) Dan Berbahan Dasar Tomat

Sudah pasti makanan-makanan yang pedas berbahan dasar tomat ini perlu dihindari oleh penderita dispepsia, karena makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan melonjaknya produksi asam lambung.

#7 Kentang Rebus

Terkadang dispepsia bisa menyebabkan menurunya selera makan, karena beberapa makanan dengan tekstur yang terlampau lembut ini mungkin tidak memberikan selera bagi beberapa orang.

#8 Wortel

Sayuran wortel tidak hanya bisa menyehatkan mata, namun sayuran ini juga baik untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan organ lambung juga sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita dispepsia.

#9 Makanan Berlemak

Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi ini juga harus dihindari oleh penderita dispepsia. Dimana makanan-makanan seperti daging-dagingan, mengandung santan dan minyak goreng yang pekat ini sama halnya dengan menu makanan diatas bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Nah itulah beberapa jenis makanan sehat untuk penderita dispepsia yang wajib anda konsumsi, agar penyakit dispepsia yang anda derita saat ini bisa segera disembuhkan dan tidak semakin parah.

( Baca : Obat Dispepsia Alami Yang Ampuh )

Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta menambah pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya & telah menyimak artikel sederhana ini !

post by : Cara Mengobati Stroke Berat Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *