Bahaya Buang Air Besar Berdarah

By | April 5, 2018

Bahaya Buang Air Besar Berdarah – Bagi anda yang saat ini tengah menderita buang air besar, jangan pernah di anggap sepele ! karena hal ini bisa mejadi pertanda adanya masalah serius.

Maka untuk itu pada kesempatan kali ini, disini kami akan memberikan anda informasi seputar bahaya buang air besar ? Silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Bahaya Buang Air Besar Berdarah

Bahaya Buang Air Besar Berdarah

Umumnya jumlah darah pada tinja bisa beragam, mulai dari yang sangat sedikit dan hanya bisa diketahui dengan pemeriksaan khusus atau tampak pada tisu saat membersihkan hingga tinja yang berwarna gelap bahkan merah khas darah.

Berikut ini ada beberapa bahaya atau gangguan kondisi kesehatan yang mungkin bisa menyebabkan terjadinya buang air besar diantaranya :

  • Kolitis

Peradangan yang terjadi pada usus besar dan rektum yang bisa menyebabkan seseorang mengalami diare dengan tinja yang bercampur dengan darah.

  • Masalah pada esofagus

Robekan yang terjadi para kerongkongan bisa menyebabkan perdarahan, karena hal ini mungkin juga memicu terjadinya buang air besar berdarah.

  • Fisura ani

Robekan atau luka pada jaringan sekitar anus bisa menyebabkan buang air besar berdarah, dimana ukuran tinja yang besar dan keras bisa menjadi penyebab fisura ani

  • Gastritis

Peradangan pada lambung akibat produksi asam lambung berlebih, dimana lama kelamaan bisa menyebabkan perdarahan pada lambung bahklan bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan dinding lambug.

  • Divertikulosis

Tonjolan berbentuk kantung kecil pada dinding usus besar, meski umumnya divertikula tidak menimbulkan masalah, namun jika terjadinya infeksi dan peradangan bisa menyebabkan buang air besar berdarah.

  • Polip atau kanker

Tumor jinak yang bisa tumbuh, berdarah dan berpotensi menjadi kanker.Seringkali darah pada tinja tidak terlihat bahkan pada kondisi yang telah berkembang menjadi kanker kolorektal.

  • Hemoroid

Penyebab tersering dari buang air besar berdarah, kondisi ini dikenal sebagai wasir atau ambeien yang ditandai dengan pembuluh darah sekitar anus yang membesar dan rentan menimbulkan perdarahan.

Biasanya warna yang terdapat pada tinja kerap dikaitkan dengan lokasi perdarahan yang terjadi di saluran pencernaan.Dimana perdarahan yang terjadi di sekitar anus, maka buang air besar berdarah tersebut cenderung berwarna merah cerah.

Sedangkan perdarahan di usus besar akan membuat warna tinja menjadi merah tua, kemudian perdarahan yang terjadi di usus kecil, lambung dan saluran cerna bagian atas lainnya akan menimbulkan efek warna tinja yang berubah menjadi merah kehitaman.

Cara Mengatasi Buang Air Besar Berdarah

Buang air besar berdarah yang ringan mungkin tidak perlu melakukan perawatan medis, namun berikut ini ada beberapa perawatan sederhana yang bisa anda lakukan di rumah yakni :

  • Hindari duduk terlalu lama di toilet
  • Mengkonsumsi air putih yang cukup, setidaknya 8-10 gelas perhari
  • Berendam dalam air hangat
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat, jika perlu konsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan serat tiap harinya
  • Mandi dan membersihkan kulit di sekitar anus setiap hari dengan benar
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Mengompres sekitar anus dengan menggunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit

Namun jika perawatan tersebut tidak efektif dan buang air besar berdarah masih terjadi, maka dokter akan merekomendasikan pengobatan tertentu untuk mengatasi buang air besar berdarah yang anda alami dengan megkonsumsi obat antibiotik.

Akan tetapi, penggunaan obat antibiotik yang berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh, maka sebagai gantinya disini kami rekomendasikan anda untuk mengkonsumsi obat herbal buang air besar berdarah yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami berkhasiat.

Demikianlah informasi yang bisa kami pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda.

by post : Cara Mengobati Stroke Berat Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *